BAZMA PERTAMINA BANTU USAHA KERUPUK JENGKOL

/ November 4, 2019/ 0 comments

Mon Suhendra merupakan salah satu penerima manfaat program ekonomi berdaya Baituzzakah Pertamina RU II Dumai. Bapak 39 tahun ini bergelut usaha kerupuk jengkol sejak masih muda berbekal dari pengalaman bekerja dari tempat lain, yang beralamat di jalan Ali Akbar Ujung Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur.  

Usaha kerupuk jengkol rumahan ini berdiri sejak tahun 1997, namun terhenti pada tahun 2010 dikarenakan kenaikan harga bahan baku untuk pembuatan kerupuk tersebut. Pada tahun 2017 usaha kerupuk jengkol ini kembali hadir dan mendapat sambutan baik dari masyarakat.

Hamparan kerupuk jengkol yang telah dipotong siang itu di halaman utama rumah  kontrakan yang baru ditempatinya, “Setiap hari kami dan istri membuat 5 kilo (kilogram) bahan baku untuk kerupuk jengkol. Pasar yang kami jual ini ke warung-warung di sekitaran daerah tempat tinggal kami. Alhamdulillah usaha ini bisa menghidupi keluarga,” ujar Mon.

Meningkatnya jumlah penjualan kerupuk jengkol dalam kurun waktu tiap minggunya, namun untuk meningkatkan produksi Bapak Mon mengalami kendala modal untuk pembelian bahan baku dan peralatan masak yang kurang memadai.

Sebagaimana dalam program pemberdayaan ekonomi berdaya, Program Kini Mustahik Besok Muzaki ini sudah banyak ribuan penerima manfaat, yang salah satu penerimanya Bapak Mon dengan dibantunya modal usaha dan peralatan memasak pembuatan kerupuk, kini Bapak Mon bisa kembali menjalankan usahanya lagi.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*