BAZMA & BDI PERTAMINA ADAKAN PELATIHAN PEMULASARAN JENAZAH

/ November 10, 2019/ 0 comments

Dalam menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah. BAZMA & BDI Pertamina menyelenggarakan Pelatihan Pemulasaran Jenazah di Masjid Al-Muhajirin, Komplek Perumahan Pertamina, Bukit Datuk, Kota Dumai.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi orang-orang untuk tidak terlibat mengurus jenazah, di antaranya karena kurang tahu caranya, takut atau memiliki trauma terhadap fenomena kematian. 

Jika pemulasaran jenazah hanya dilakukan oleh orang yang sama tanpa regenerasi, lalu bagaimana jika orang-orang tersebut juga sudah meninggal? Perlunya regenerasi dan pelatihan tata cara mengurus jenazah merupakan kebutuhan pokok yang harus dilakukan oleh para pengurus masjid. 

Kegiatan pelatihan pemulasaran jenazah ini dilaksanakan selama dua hari  (9-10/11) yang dimana hari sabtu sebanyak 68 peserta untuk pelajar SMA se-Kota Dumai sedangkan di hari Ahadnya 197 peserta untuk para pengurus Masjid/Musholla Se-Kota Dumai. 

Ustadz Madroi dari Dompet Dhuafa Jakarta merupakan narasumber dari pemulasaran jenazah ini, beliau memperagakan mulai dari cara memandikan, mengakafani dan menshalatinya. Pelatihan pemulasaran jenazah yang berlangsung sekitar lima jam ini tidak semata-mata untuk mengingatkan proses pemulasaran jenazah saja, namun kegiatan ini adalah kewajiban bagi  semua muslim.

Ketua Panitia Bapak Ali Mudasir mengatakan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat atas dukungan masyarakat, sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar, saya berharap para peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat mengambil ilmunya guna bisa menerapkan di masjid/musholla yang mereka tinggal.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*